Kamis, 09 Desember 2010

Siapakah Nama Kecil Sri Sultan Hamengkubuwono X

YOGYAKARTA, SENIN — "Nama asli saya Hamengku Buwono X, kalau Herjuno Darpito itu nama kecil saya," kata Sri Sultan Hamengku Buwono X menjawab pers di Kepatihan Yogyakarta, Senin (3/11), menanggapi munculnya beberapa pendapat agar dirinya maju sebagai calon presiden (capres) menggunakan nama asli.


"Setelah itu, sebelum naik tahta, saya diberi nama Mangkubumi, tetapi kemudian setelah naik tahta nama saya menjadi Hamengku Buwono X," katanya.

Jadi, kata Sultan, "Kalau saya ditanya nama Anda siapa, saya jawab Hamengku Buwono X, wong... itu nama saya. Bagi orang Indonesia mau ganti nama seribu kali tidak masalah."

Biografi Lengkap :

Nama:
Sri Sultan Hamengku Buwono X

Nama Asli:
Bandoro Raden Mas (BRM) Herdjuno Darpito

Lahir:
Yogyakarta, 2 Maret 1946

Agama:
Islam

Ayah:
Sri Sultan Hamengku Buwono IX

Istri:
Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas

Anak:
1. Gusti Raden Ajeng (GRAJ) Nurmalita Sari
2. Gusti Raden Ayu (GRAy) Nurma Gupita
3. Gusti Raden Ajeng (GRAJ) Nurkamnari Dewi
4. Gusti Raden Ajeng (GRAJ) Nurabra Juwita
5. Gusti Raden Ajeng (GRAJ) Nur Astuti Wijareni

Pendidikan:
Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta

Pekerjaan:
- Anggota MPR sejak Tahun 1992
- Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, sejak 3 Oktober 1998 – Sekarang
- Sri Sultan Hamengku Buwono X, dinobatkan 7 Maret 1989

Karya Ilmiah:
- Kerangka Konsepsi Politik Indonesia (1989)
- Bercermin Di Kalbu Rakyat (1999)

Sumber :
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6157395


Artikel Terkait :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar