Senin, 02 Agustus 2010

Tips Membuat Bakso

Tips Membuat Bakso
Tips Membuat Bakso. yang sering dikeluhkan dalam membuat bakso adalah soal tekstur, sedangkan untuk rasa pada umumnya tidak mengalami masalah.


Beberapa tips dalam membuat bakso :
  1. Giling daging sehalus mungkin sampai menyerupai pasta.
  2. Tambahkan 1 sdm minyak masak pada setiap batch untuk mendapatkan ngilingan yang halus.  
  3. Sebagai pengganti daging sapi dapat menggunakan daging ayam bagian paha atas. Karena paha atas pada ayam dapat digolongkan sebagai red meat yang dapat digunakan sebagai pengganti daging sapi.
  4. Untuk bakso urat, pada pembuatan bakso sapi dapat dicampur ground beef dengan ground chuck. 
  5. Untuk bakso ayam, campur paha atas (tigh) dengan drum stick .
  6. Agar bakso kenyal, dapat digunakan baking soda. gunakan baking soda secukupnya (kira-2 1/4 sdt untuk 21/2 cup daging giling halus). penggunaan baking soda yg terlalu banyak akan membuat rasa bakso getir (agak pahit). yield untuk 21/2 cup daging giling halus adalah kira-2 30 butir bakso ukuran sedang.
  7. Agar bakso keras, gunakan tepung tapioka. bisa digunakan dengan merebus sedikit adonan di air mendidih untuk mengetahui apakah adonan sudah mencapai tingkat kekerasan yg diinginkan. Kalau masih keempukan, tambahkan tepung sedikit demi sedikit sampai tingkat kekerasan yg diinginkan. Lebih baik menambah tepung dari pada terlalu banyak .
  8. Supaya ukuran bakso sama besar, dapat digunakan baking dish. Tempatkan adonan ke dalam baking dish, bagi rata sesuai keinginan (dipetak-petak di baking dish) baru kemudian dibuat bulatan-2 seperti bola.
  9. Buat bakso sekaligus dalam jumlah yang banyak dan simpan di lemari es.


Artikel Terkait :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar