Selasa, 27 Juli 2010

Berbagai Jenis Spons Untuk Cuci Mobil

Berbagai Jenis SponSpons mempunyai sifat dasar yang mampu menyerap cairan dalam jumlah besar ke dalam pori-porinya, digunakan sebagai alat bantu pemberian sampo saat mencuci mobil.

Campuran air dan sampo dapat disimpan di dalam pori-pori dan dikeluarkan saat proses menyeka bodi mobil. Dengan spons kita dapat menghemat pemakaian air dan sampo lantaran tidak terbuang percuma dan proses pembubuhan sampo dapat dilakukan secara cepat dan efektif.

Spons standar
Wujudnya persegi panjang seperti balok dan memiliki pori-pori besar seperti kue cracker. Kemampuannya dalam menyerap air tak perlu diragukan. Proses meratakan sampo terasa menyenangkan dan mudah. Pori-pori yang besar juga berguna untuk menangkap kotoran halus hingga meminimalkan resiko baret.

Spons melengkung
Sama dengan spons standar. Tapi bentuk melengkung pada salah satu sisi membuatnya lebih mudah dipegang. Kemampuannya dalam menyerap air juga sebanding dengan spons standar.

Spons pembersih serangga
Serangga dan kotoran kecil kerap menempel pada bodi dan kaca mobil. Nah, spons ini mampu mengenyahkannya lantaran diberi lapisan jaring tipis di bagian luar. Kotoran membandel akan menyangkut saat diseka. Disarankan saat menggunakannya, jumlah sampo diperbanyak untuk mengurangi risiko baret.

Spons mikrofiber
Produk ini adalah gabungan antara spons di dalam dan kain mikrofiber sebagai pembungkusnya. Kemampuannya dalam menyerap dan meratakan air sampo tidak kalah dari spons lain. Nilai plusnya, kain mikrofiber mengurangi resiko baret dan spons ini dapat digunakan dalam proses pengeringan.

Spons kayu
Kalangan detailer kerap menyebutnya dengan spons kayu lantaran jika tidak dipakai dalam jangka waktu lama ia akan mengeras seperti kayu. Selain itu, butuh waktu lama untuk melunakkannya kembali. Kemampuannya dalam menyerap air adalah yang terbaik dari semuanya.

Tidak seperti spons pada umumnya, spons ini mampu mengeringkan air pada  bodi mobil namun tetap harus dituntaskan dengan kain mikrofiber. Tapi karena besar dan berat, terasa melelahkan saat memakai produk satu ini.

Spons dasbor
Produsennya mengklaim produk ini dipakai untuk membersihkan dasbor. Karena teksturnya yang liat dan kenyal, ia terasa mudah saat mengelap bidang-bidang melengkung. Bentuknya yang kecil juga memudahkan saat harus menjangkau area sulit.

Spons kaca
Bermodalkan tangkai dan karet pada salah satu sisinya, spons ini sangat efektif untuk membersihkan kaca. Bagian yang dilengkapi spons digunakan untuk meratakan shampoo dan kemudian dibilas dengan sisi lainnya yang terdiri dari sebilah karet lentur.

Spons dua sisi
Sesuai namanya, spons ini terdiri dari dua sisi berbeda. Sisi pertama adalah lapisan spons yang berfungsi untuk meratakan sampo. Sedangkan sisi satunya terdiri dari lapisan plastik kasar berbentuk serabut.

Dari bentuknya jelas bagian ini tidak untuk mengelap bodi. Ia diperuntukkan meratakan sampo di kolong dan ban. Sebagai catatan, karena dipakai mengelap kolong yang penuh lumpur, pastikan spons bersih saat mengelap bodi agar terhindar dari baret.

Cara memakai spons
Yang perlu diperhatikan adalah jangan memakai spons di permukaan yang kering, karena akan memberi resiko baret pada bodi mobil. Basahi permukaan bodi dan lakukan gerakan lurus satu arah untuk meminimalkan risiko baret.

Pada dasarnya, spons tidak bisa dipakai untuk mengeringkan bodi mobil. Hanya spons kayu dan mikrofiber yang bisa. Itu pun harus tetap ditindaklanjuti oleh kain mikrofiber.

Yang perlu diperhatikan :
  1. Jangan memeras spons dengan cara memuntir. Cukup diremas agar spons tidak mudah rusak dan patah. 
  2. Setelah dipakai spons jangan dijemur karena akan menguapkan kelembaban yang terkandung dan membuatnya keras


Artikel Terkait :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar