Jumat, 23 Juli 2010

Cara Membersihkan Foglamp Berembun

Fog
Kaca depan Foglamp yang berembun disebabkan karena penyekat antara bagian dalam foglamp dan lingkungan luar mengalami kebocoran. Sehingga udara dari luar dapat masuk dan mengakibatkan pengembunan.



Penyebab kebocoran : 
  1. Melemahnya seal atau penyekat yang berada antara kaca dan rumah lampu kabut. 
  2. Penyekat antara bola lampu dan dudukannya juga dapat mengakibatkan kebocoran meski kecil kemungkinannya. Apalagi bila mobil baru melewati genangan air yang cukup tinggi.

“Sebenarnya foglamp dirancang untuk tahan air,” ungkap Bambang Sugiarto dari Dixzell Motor. “Makanya jika Anda membeli lampu kabut aftermarket, cara menguji tingkat kebocoran adalah dengan mencelupkannya ke dalam air dan menyalakannya,” tegas pria ramah ini.

Untuk lampu bawaan pabrik, usianya bisa mencapai di atas dua tahun. Sementara untuk asesoris dengan kualitas pas-pasan, usianya tak akan lebih dari setahun. Setelah itu, kaca akan berembun dan foglamp menjadi buram.

Selain kualitas bahan pelekat alias lem, sebab lain yang memperpendek usia foglamp adalah guncangan saat mobil melalui jalan rusak. Air yang menyusup kala hujan bahkan terendam banjir semakin mempercepat proses rusaknya sealer.

Langkah mengeringkannya langsung dengan cara memasukkan batang kecil yang di ujungnya diberi kain pembersih. Namun proses ini cukup sulit lantaran terbatasnya ruang. Setelah itu, hidupkan lampu hingga suhu foglamp meningkat dan membuat embun berubah menjadi uap air. Lalu, buka bohlam untuk mengeluarkan uap air tersebut.

Kemudian, diamkan beberapa saat hingga suhu foglamp kembali dingin dan perhatikan apakah embun masih hinggap di kaca. Bila masih ada, Anda dapat lakukan proses menyalakan foglamp hingga embun tak kembali hadir.   

Cara ini dapat dilakukan bila embun di foglamp bukan disebabkan oleh rusaknya sealer. Tapi lantaran penyebab lain seperti bohlam yang tidak menutup sempurna karena terkena guncangan atau rusaknya kain penutup lubang hawa. Dan sebaiknya dilakukan saat terik matahari.    

“Proses pengembunan juga dijamin tidak akan berhenti jika ternyata sealer sudah berkurang jauh daya rekatnya,” urai Bambang lebih lanjut.

Jika begini, tak ada cara selain membuka lampu kabut dan membersihkannya agar jernih kembali. Anda bisa melakukannya selama memiliki blower atau hair dryer untuk memanaskan bahan perekat foglamp.

Membersihkan foglamp sendiri
  1. Lepas foglamp dari dudukannya. Karena letaknya tersembunyi, memang cukup sulit untuk mencarinya. Setelah dapat, lampu kabut bisa dilepaskan dari bumper mobil.
  2.  Panaskan batas antara mika lampu dan rumah foglamp. Jika bermodalkan hair dryer prosesnya lumayan lama, sekitar 15 menit. Gunakan sarung tangan supaya tangan tidak kepanasan. Mulai dari satu sisi supaya tidak merepotkan.
  3.  Jika bahan perekat yang digunakan bagus, lem akan menyembul keluar dari sela-sela tersebut. Cungkil perlahan-lahan dengan obeng min (-). Kalau masih sulit, ulangi proses pemanasan hingga terbuka sempurna.

Foglamp bocor biasanya dihinggapi oleh debu di dalamnya. Anda bisa membersihkan mulai dari bagian mika. Jika tak mau repot, bersihkan dengan air dan sikat gigi hingga bersih lantas keringkan.

Namun andai ingin hasil lebih baik, Anda bisa memoles permukaan kaca dengan compound halus untuk membersihkan jamur yang hinggap. Gunakan kain majun halus atau mikrofiber untuk aplikasi. Sebagai pelengkap, wax bisa turut dilapisi agar permukaan kaca semakin kinclong.

Reflektor turut dibersihkan dengan kain. Jangan gunakan compound karena akan merusak lapisannya. Saat membersihkan jangan terlalu ditekan supaya tidak membuatnya rusak.

Perhatikan o-seal lampu. Jika keras dan getas segera ganti baru supaya tidak terjadi kebocoran. Sebelum menutup kembali foglamp, oleskan bahan perekat khusus kaca di alur yang terdapat pada mika lampu. Oleskan secara merata agar tidak ada potensi bocor kembali. Rekatkan kedua bagian dan tekan sampai Anda yakin keduanya telah menutup sempurna.

Pasang kembali lampu kabut pada dudukannya dan nyalakan untuk memastikan dapat befungsi normal. Foglamp pun siap kembali bertugas tanpa perlu berembun lapisan kacanya.


Artikel Terkait :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar