Jumat, 30 Juli 2010

Waktu yang Tepat Menambah Air Aki

Level Air Aki
Aki merupakan sumber listrik kendaraan  Pada umumnya aki yang digunakan pada mobil adalah aki basah, yaitu aki yang memiliki elemen yang terendam oleh larutan electrolit H2SO4.


Setiap aki terdapat level upper (tertinggi) dan level lower (terendah) tercetak pada salah satu sisi aki. dianjurkan pengecekan dilakukan setiap 1bulan sekali dengan melihat lever airnya.  

Penambahan air aki :
  1.  Jika kurang jauh di bawah level minimum, sebaiknya dilakukan saat kondisi aki DINGIN agar tidak merusak sel aki (plat aki). Jika di lakukan disaat panas di khawatirkan plat aki akan menyusut secara tiba-tiba dan berakhir dengan keretakan.
  2. Jika tidak berada dibawah level minimum, penambahan air aki dapat dilakukan kapan saja, tetapi sebaiknya diisi pada PAGI HARI sebelum mesin dinyalakan.
 Air aki tambah dapat di ambilkan dari saluran buang AC yang gratis dan terjamin, hanya saja untuk menampungnya gunakannlah wadah yang bersih dan bukan dari logam

Cara melepas Aki Rusak :
  1. Lihat dan perhatikan kabel-kabel yang digunakan, dan juga perhatikan kutub-kutub aki. Yang mana yang harus ke + dan yang mana yang harus ke -.
  2. Lepaskan kepala aki negatif terlebih dahulu (-). Kemudian dilanjutkan dengan melepas kepala aki +. Langkah ini dilakukan agar ketika membuka kepala aki + alat kita tidak short dengan ground pada body kendaraan.
  3. Bersihkan kepala aki, kabel, dan terminal kabel. Amplas, siram air panas dan sikat jika perlu.
  4. Pindahkan aki rusak ke tempat yang aman.

Cara memasang Aki Baru :

  1. Bersihkan tatakan aki, letakan aki baru dengan bagus
  2. Pasang kepala aki + terlebih dahulu, kemudian diikuti dengan pemasangan kepala aki - berikutnya.
  3. Lapisi kepala aki dengan Grease atau gemuk agar memperlambat laju korosi.
  4. CEK !!! Jangan sampai kepala aki salah polarity.
CEK dan Recek :
  1. Sebelum menstarter mobil anda, lakukan pengecekan sekali lagi, apakah polarty sudah benar, kepala aki + ke terminal + dan kepala aki - ke terminal -.
  2. Cek apakah kepala aki sudah cukup kencang.
  3. Nyalakan kontak ke posisi on : cek apakah gambar aki di speedometer anda menyala. Jika tidak periksa sistem charging. Jika iya maka lanjutkan ke langkah berikutnya.
  4. Nyalakan mesin, Saat mesin menyala maka seharusnya lampu indikator bergambar aki di speedometer akan segera padam. Jika tidak cek sistem charging.
 Tips Perawatan Aki :
  • Mengecek level air aki (untuk aki basah) setiap 2 minggu sekali. Jika kurang tambahkan dengan Aquades atau air bebas mineral. Jangan gunakan Air aki zuur atau H2 SO4.
  • Membersihkan kepala aki dengan cara menyiramnya dengan air panas dan di sikat dengan sikat kawat atau sikat gigi. Jika perlu buka terminal aki dari aki dan bersihkan dengan sikat atau amplas.
  • Setiap 6 bulan sekali lakukan pengechargan dengan menggunakan charger di luar mobil. Lakukan fast charging selama 1-2 jam. Hal ini untuk menormalisasi sel2 aki.
  • Ganti aki anda bila perlu.


Artikel Terkait :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar