Selasa, 13 Juli 2010

Tips Menjaga Elastisitas Karet

Menjaga Elastisitas Karet
Komponen-komponen karet yang ada di mobil yang perlu diperhatikan antara lain karet wiper,  pintu, kap mesin, lis kaca, dan lain-lain. Perawatan komponen karet tersebut untuk menjaga elastisitasnya.


Penanganan yang tepat sangat dibutuhkan di sini, salah satu caranya adalah dengan menyemprotkan dan mengoleskan cairan mengandung silikon di komponen-komponen karet tersebut. 
Cairan silikon ini terbukti mampu menjaga elastisitas dan kekenyalan karet, sehingga bagian ini tetap berfungsi maksimal.
Minimal lakukan aplikasi ini satu kali dalam sebulan. Pilihan cairan perawatan karet beragam dijual di pasar.

Anda hanya butuh menyiapkan sejumlah alat dan kelengkapan serta proses yang tepat.
  • Persiapkan alat dan kelengkapan seperti kain lap basah dan kering, kuas, cairan pelembab karet yang mengandung silikon.
  • Bersihkan terlebih dahulu permukaan karet dan sekitarnya.
  • Selain lap, gunakan kuas untuk membersihkan debu yang masih melekat.
  • Semprotkan spray  yang mengandung silikon di sekujur karet secara merata.
  •  Cara lain adalah dengan menyemprotkan spray  ke spons. Selanjutnya oleskan cairan tadi ke sekujur komponen karet yang dituju.
  • Diamkan sejenak dan pastikan cairan tersebut meresap ke dalam karet.
  • Komponen karet siap tampil lebih segar.
Langkah ini merupakan pencegahan agar fungsi komponen dari karet itu tidak sampai mengalami kerusakan. Jadi jangan sampai, kondisi karet sudah rusak, baru dilakukan langkah seperti di atas.

Nah, bila kondisi komponen karet ini sudah telanjur getas atau rusak, tidak ada cara selain mengganti karet tersebut dengan yang baru. 
Selain tidak bisa direstorasi, performa karet tersebut dijamin tidak akan optimal meski menjalani perawatan seperti di atas.
Bila tidak diganti, fungsi dari karet melindungi peranti lain di mobil menjadi terganggu. Akibatnya, potensi berkendara Anda jadi terganggu juga semakin besar.


Artikel Terkait :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar