Rabu, 02 Juni 2010

Cara Tepat Parkir Paralel Mobil Matik


Seorang pengemudi tak bisa mengeluarkan mobil yang tengah ia parkir di sebuah pusat perbelanjaan. Pasalnya, mobilnya "terhimpit" di antara mobil yang sama-sama sedang parkir paralel. Mobil yang menghimpit sama sekali tidak bisa digeser karena pemiliknya mengaktifkan handbrake. Terpaksa harus menunggu sampai pemiliknya datang.
Di setiap lahan parkir yang sempit, umumnya pola parkir yang diterapkan memang parkir paralel. Karena dengan pola ini, bagian depan mobil bertemu bagian belakang mobil lainnya, maka untuk memudahkan mobil keluar masuk, saat parkir paralel seharusnya tidak menggunakan handbrake supaya mobil dapat digeser-geser. Petugas parkir biasanya berusaha mengingatkan, tetapi ada saja satu atau dua pengendara yang lupa.
tips-parkir2
Khusus mobil bertransmisi matik, kemungkinan roda-roda mobil terkunci saat parkir akan lebih besar lagi dibanding yang bertransmisi manual. Bukan saja karena pengendaranya mengaktifkan handbrake, tetapi karena ada kemungkinan mereka belum tahu fungsi tombol SHIFT LOCK. Terutama, pada mobil bertransmisi matik yang sudah dilengkapi tombol SHIFT LOCK.

Di semua transmisi matik memang ada posisi "P", yang berarti "parkir". Ketika tuas berada di posisi ini, otomatis roda-roda terkunci. Pada mobil matik keluaran baru ada tambahan tombol SHIFT LOCK. Jika tidak tahu fungsi tombol ini, kemungkinan besar pengendara akan bingung memarkir mobil tanpa membuat roda-rodanya terkunci.
tips-parkir3
Berbeda dengan transmisi manual atau matik yang belum dilengkapi SHIFT LOCK, jika tuas transmisi ditempatkan ke posisi N (netral), pasti kunci kontaknya tidak bisa dicabut. Untuk parkir secara paralel, gunakanlah tombol SHIFT LOCK ini. Lalu pindahkan tuas dari posisi P ke netral. Maka mobil akan terparkir dengan roda-roda dalam posisi bebas sehingga bisa digeser dan tidak merepotkan pengendara lainnya.

Bagaimana cara menggunakannya?..Berikut ini langkah-langkahnya:
1.Geser transmisi ke posisi "P",
2.Matikan mesin.
3.Cabut kunci kontak.
4.Tekan dan tahan tombol SHIFT LOCK yang ada dekat tuas transmisi, sambil memindahkan tuas ke posisi NETRAL. Setelah di posisi netral, baru lepas tombolnya.
5.Jangan lupa, handbrake tidak perlu ditarik.


Artikel Terkait :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar