Selasa, 22 Juni 2010

Tips Jika Rem Mobil Blong

Tips jika rem blong
Kondisi rem blong dapat terjadi kapan saja meski perangkat rem baru dicek, hal ini menjadi salah satu penyebab kecelakaan. Berikut ini yang harus dilakukan saat terjadi rem blong pada mobil :


Ada dua kemungkinan terjadinya fungsi rem yang umumnya baru diketahui saat kendaraan melaju, yaitu rem blong dan macet. Bahkan rem yang macet (menjepit terus) dapat mempengaruhi arah steer (kemudi). Rem yang macet dapat mengakibatkan kemudi tertarik ke kiri atau ke kanan karena roda terkunci.

Bila terjadi kerusakan rem dalam kondisi kendaraan sedang melaju, yang harus dilakukan adalah JANGAN PANIK dan menghentikan laju kendaraan menggunakan rem tangan. Akan tetapi rem tangan baru bisa dioperasikan jika kecepatan sangat rendah, yaitu di bawah 10 km/jam.

Berikut step yang harus kita lakukan sebelum mengoperasikan rem tangan :

  • Turunkan kecepatan kendaraan dengan memindahkan gigi perseneling yang lebih rendah secara bertahap (5-4,4-3,3-2,2-1). 
  • Apabila pada bahu jalan terdapat rumput, gunakan bahu jalan yang berumput memperlambat laju kendaraan. 
  • Setelah kecepatan kendaraan sudah relatif pelan,lakukan pengoperasian rem tangan untuk menghentikan laju kendaraan. Ingat, tekan pin rem tangan supaya tidak mengunci ban, dengan demikian kendaran akan berhenti secara perlahan.
Memindah persneling ke lebih rendah Menggunakan bahu jalan untuk memperlambat laju kendaraan Menggunakan rem tangan dengan menekan pin pengunci


Setelah kendaraan berhenti total, segera lakukan pemeriksaan komponen rem. Bila ada kerusakan, segeralah lakukan perbaikan. Menghentikan kendaraan tanpa fungsi rem seperti di atas ini relatif lebih aman ketimbang panik yang berpotensi kendaraan melaju tanpa kontrol.


Artikel Terkait :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar