Rabu, 02 Juni 2010

Tips Agar Mudah Buka Baut Roda

buka-baut1



Rasa kesal bisa melanda siapa saja, termasuk SO'mers, bila saat membuka baut roda ternyata, baut malah macet tidak bisa berputar. Nah kekesalan ini tidak akan terjadi apabila anda pahami info seputar mur-baut pada kendaraan.
Sudah pasti bagian yang satu ini tidak bisa disepelekan. Berikut ini tips agar terhindar dari macet pada baut roda. buka-baut2
1. Pilih mur dan baut dengan benar. Sebaiknya perhatikan tonjolan dari mur/baut. Bila tidak cocok dengan pelek mengakibatkan lubang pelek terkisis. Alangkah sebaiknya cocokkan lug nut dan lug bolt pada pelek.

2. Drat baut/mur tidak boleh dipaksa alias harus sesuai dengan lubang pada tromol. Drat harus dicocokkan sesuai dengan ulirnya. Sehingga saat diputar akan mudah terbuka.

3. Saat mengencangkan baut, sebaiknya tidak perlu berlebihan. Hal itu akan berakibat ulir slek (rusak). Perhatikan ujung ulir mur dan baut apakah sudah dalam posisi benar atau belum.
buka-baut3
4. Bisa juga memanfaatkan grease (gemuk), lapiskan zat pelumas bentuk padat ini pada ulir, agar mur dan baut tetap prima selain itu gemuk aktif untuk usir karat.
buka-baut4
5. Terkahir, tips ini sudah sering diaplikasikan SO'mers. Saat mengencangkan baut, sebaiknya dengan cara silang. Setelah semua baut terpasang kemudian dikencangkan satu persatu. sesuai dengan langkah menyilang tadi. Dengan metode ini pelek akan rata titik kekencangannya.


Artikel Terkait :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar