Kamis, 17 Juni 2010

Tips Memasang Saklar Power Window atau Central Lock

Switch Power Window
Saklar Power Window atau Central Lock pada prinsipnya mempunyai cara kerja yang sama. perbedaannya terdapat pada funsinya. Power Window digunakan untuk menurunkan atau menaikan kaca jendela mobil, sedangkan central lock untuk mengunci dan menutup pintu mobil.

Tips ini membahas cara penggunaan Switch untuk pemasangan Power Window maupun Central Door Lock pada kendaraan kita.

Secara teori, cara kerja motor Power Window maupun motor Central Lock Actuator adalah dengan mensupply tegangan untuk menurunkan jendela / mengunci pintu, sedangkan untuk menaikkan jendela / membuka kunci pintu adalah dengan membalikkan kutup tegangan tadi.
Dengan kata lain, dua kabel yang keluar dari motor Power Window maupun Central Lock Actuator (umumnya berwarna hijau dan biru), digunakan dengan cara membolak-balikkan kutub tegangan masuknya.

Saklar praktis banyak dijual di toko-toko asesoris / partshop dengan harga sekitar 20-35ribu rupiah. Terdiri dari 5 kaki, dan disediakan block terminal agar saklar dapat dilepas pasang dengan mudah.

Saklar dan Soket Power Window



Untuk keperluan tersebut, perlu juga disediakan terminal – female sebanyak 5unit dan crimpler untuk pemasangan terminal tersebut.


Crimping
 Untuk skematik diagramnya, silahkan simak skema di bawah

Skema Power Window

 Untuk lebih memahami cara kerja saklar praktis ini, silahkan cermati animasi yang saya buat di bawah ini.

Cara Kerja Sistem Power Window

sumber : www.saft7.com



Artikel Terkait :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar