Rabu, 02 Juni 2010

Tips Saat Beli Mobil Second


Tips Membeli Mobil Bekas
Beli mobil bekas atau second cukup beresiko atau memiliki resiko tertipu dan salah pilih. Ada beberapa tips agar anda cermat memilih mobil bekas dan tidak tertipu. Mulai dari pemilihan mobil dan pemeriksaan kondisi mobil itu sendiri.

Rasa khawatir terhadap mobil second pasti ada, makanya agar mendapatkan hasil yang baik, berikut ini tips pilih mobil second dari aspek teknis :


1. Cek latar belakang mobil :
Dapatkan info sebanyak-banyaknya dari mobil tersebut apakah layak untuk dibeli, karena jangan sampai anda membeli mobil bekas tabrakan agar tidak mengalami banyak masalah ketika sudah membelinya.

2. Periksa bagian mesin :
- Nyalakn mesin mobil dan dengarkan suaranya, apakah terdengar stabil pada putaran rendah dan juga tinggi dan tidak terdengan suara decitan yang berbeda.
Cek bagian Mesin Mobil
- Periksa apakah mobil tersebut pernah turun mesin atau tidak. caranya adalah periksa tanda Pre Dilevery Inspection (PDI) yang ada di Pre Engine Mounting, periksa pada saat mesin sudah dingin apakah masih ada tanda PDI yang berupa cat pada baut-baut utama, jika masih ada berarti mesin mobil tersebut belum pernah turun mesin.
- Periksa apakah ada kebocoran pada kolong mesin
- Cek Filter udara, filter oli dan filter bahan bakar
- Cek juga aki dan busi.
- Periksa kondisi kopling dan rem apakah berfungsi dengan maksimal

3. Cek bagian eksterior :
- Periksa sasis dengan cara naikan salah satu roda ke tempat yang lebih tinggi, kemudian semua pintu dibuka dan kemudian ditutup, jika ada pintu yang tidak bisa tertutup sempurna kemungkinan pernah mengalami benturan atau tabrakan.
Cek Bagian Exterior Mobil- Cek body, coba diketok bagian demi bagian.
- Cek juga kondisi knalpot apa ada yang bocor pada exhaust maniflod, muffer dan pipanya, apakah asap yang dikeluarkan berwarna putih tebal.
- Periksa  sokbreker, jika ayunan sudah tidak teredam maka dapat memperpendek pemakaian ban, cek apakah ada tetesan oli pada sokbreker, periksa juga dudukannya, apakah sudah berkarat atau belum

4. Cek bagian interior
Periksalah bagian interior secara menyeluruh, seperti :
Cek Bagian Interior Mobil- Bagian bawah (alas) ataupun fire wall apakah sudah kropos atau belum.
- Plafond, lapisan pembungkus masih rekat atau sudah terkelupas.
- Doortrim dan dinding kabin apakah masih dala keadaan bagus.
- Dasboard apakah sisi-sisinya masih presisi.
- Jok depan dan belakang, apakah ada yang cacat.


Artikel Terkait :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar