Rabu, 02 Juni 2010

Makin Aman Pakai Anti Starter

Maraknya pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) di segala penjuru negara Indonesia tentunya membuat para pemilik kendaraan bermotor khawatir. Dimanapun kirta memarkir kendaraan, tetap saja kemungkinan terlepas dari curanmor tidak dapat terhindar, sebagai antisipasinya tiap kendaraan terutama mobil harus menggunakan kunci pengaman kemudi dan dapat mengaplikasikan berbagai jenis alarm hingga anti starter custom.

Perangkat alarm saat ini ada berbagai macam jenis, hampir semua jenis dapat dengan mudah diaplikasikan kedalam mobil kesayangan. Umumnya alarm mobil telah dilengkapi remote yang terdapat beberapa tombol sebagai trigger pengendali alarm yang telah terpasang. Jenis-jenis alarm itu sendiri telah berkembang tidak hanya aktif apabila pintu telah dibuka, namun sekarang telah ada juga yang menggunakan sensor yang sangat peka terhadap getar, suara hingga bayangan agar alarm dapat aktif.

Seiring perkembangannya banyak alarm yang terpasang tidak efektif untuk mencegah terjadinya curanmor, hal itu karena pelaku curanmor telah mengetahui kelemahan dari alarm tersebut ataupun disekitar tempat parkir tidak sedang sepi, sehingga bunyi alarm tidak mampu mengundang perhatian. Untuk itu sebagai solusinya telah banyak pemilik mobil ataupun motor yang menggunakan sistem anti starter custom sebagai pencegahan terhadap aksi curanmor meskipun mobilnya juga telah dilengkapi alarm ataupun kunci kemudi.

Kinerja Anti Starter Custom
Anti starter ini memiliki sistem kerja dengan memutus arus listrik yang menghubungkan kunci kontak ke sumber listrik (Cut-Off), sehingga meskipun telah di starter berulang kali mesin mobil tidak dapat menyala. Agar mesin menyala pengemudi harus mengaktifkan pemutus arus listrik yang telah dibuat. Karena custom, pemutus arus tersebut dapat diaktifkan melalui berbagai bentuk dan cara, tergantung dari keinginan si pembuat. Bentuknya ada yang berupa saklar on / off yang diletakkan ditempat tersembunyi dan ada juga yang dibuat dengan menghubungkannya ke salah satu fitur yang telah ada pada mobil, entah itu switch lampu, pedal rem, dan lain sebagainya yang difungsikan sebagai saklar penghubung arus listrik starter.

Sistem memutus arus listrik (Cut-Off)Menurut Septa, salah satu mekanik pemasangan alarm security mobil, dalam pengerjaannya pemasangan anti starter atau perangkat keamanan lainnya  ± 1 jam dapat diselesaikan dengan biaya hanya Rp.75.000 diluar perangkat / alat yang dibutuhkan, namun perlu diingat juga pemasangan anti starter ataupun alarm harus dikerjakan oleh orang yang ahli dibidang elektrikal mobil, karena jika salah dalam pemasangan bisa menyebabkan korsleting dan merusak sistem elektrikal mobil.

Jadi buat SO mania yang menginginkan keamanan mobilnya makin bagus, tidak ada salahnya mengaplikasikan anti starter custom meskipun mobilnya telah dilengkapi alarm ataupun kunci kemudi, asalkan dipasang oleh orang atau bengkel yang ahli dibidangya


Artikel Terkait :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar