Senin, 31 Mei 2010

Cegah Karat Yang Bikin Berat di Rel Jok

OTOMOTIFNET - Umumnya pemilik mobil yang biasa nyetir sendiri, sudah punya settingan khusus untuk posisi bantalan jok dan sandarannya. Lantaran dudukan bangku ditopang sepasang rel besi, kotoran bercampur kerikil maupun air bisa memicu masalah. Seperti jok terasa berat ketika dimaju-mundurkan, bahkan ada yang sampai macet.

Seperti yang pernah dialami Wanti, pembesut Toyota Kijang Innova G M/T bensin lansiran 2005. "Waktu itu suami mau pakai, tapi tiba-tiba rel joknya macet. Karena postur badannya tinggi besar, jadi terpaksa jarak duduk terhadap setir lebih dimundurkan," kenang guru bahasa Jerman pada salah satu sekolah swasta di Jakarta ini.


Gbr 1

Gbr 2

Gbr 3

Gbr 4
Masalah ini timbul lantaran lebih disebabkan faktor perawatan. Pasalnya banyak pemilik mobil kurang memerhatikan bagian tersembunyi tapi punya peran vital ini. Nah sebelum problem ini menyerang Anda, sebaiknya periksa kondisi keseluruhan bagian rel jok termasuk komponen mekaniknya.

Menurut Hendy Wirawan, spesialis jok mobil di daerah Karang Tengah, Lebak Bulus, Jaksel, macetnya rel jok sebenarnya ada beberapa penyebab. "Paling umum akibat karat di bagian rel dan dudukan jok (Gbr.1). Kemungkinan lain bisa karena rel bengkok, penyebabnya bisa jadi umur mobil sudah tua, atau pernah ganti pakai jok limbah yang kondisi relnya kurang bagus," papar juragan Cabin Leather Seat ini.

Kalau sudah timbul karat cukup tebal, dan bikin rel jok jadi macet, mengatasinya cukup dengan menyemprotkan cairan penetran ke sela-sela rel maupun bagian mekanisnya (Gbr.2).

Sebaiknya setelah menyemprot pakai cairan penetran tadi, bagian yang berkarat cukup tebal diseka pakai lap kain atau dengan sikat kecil. Supaya kerak dan kotoran yang bercampur dengan karat tadi rontok tak bersisa.

Jika sudah bersih, jangan lupa melumasi sekujur rel dengan grease/minyak gemuk secukupnya (Gbr.3). "Supaya pelumasan rel merata, barengi dengan memaju-mundurkan jok beberapa kali. Bagian celah di sepanjang dudukan rel sebaiknya juga diberi gemuk secukupnya," anjur Hendy.

Jangan lupa melumasi mekanik pengunci rel pada jok (Gbr.4). Sebab peranti satu ini punya berperan untuk menahan gerak rel, agar tak mudah maju-mundur saat mobil berakselerasi dan ketika direm. Sebelum melumasi bagian engsel dan pengait rel, sebaiknya juga disemprot pakai cairan penetran agar kotoran atau karat lenyap


Artikel Terkait :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar