Senin, 31 Mei 2010

Pasang Arm Rest Custom, Bikin Mewah Juga Usir Lelah

OTOMOTIFNET - Sandaran  tangan di jok sebenarnya sih bukan barang mewah. Wong fungsinya sangat umum, yakni mengurangi waktu tangan menggantung di kabin saat driver atau penumpang dalam perjalanan. Sehinggga enggak pegal-pegal.  Namun sayangnya, peranti istirahat  buat lengan ini baru menempel di jok sedan mahal, MPV kelas atas seperti Toyota Alphard, hingga SUV macam All New Honda CR-V.

Tak heran kesan mewah jadinya menempel di peranti ini. Bahkan buat  MPV seribu umat, Toyota Innova melengkapi jok yang juga bernama captain seat ini pada varian V. Begitu juga dengan Suzuki  APV Arena SGX, Honda Freed, dan Daihatsu Luxio. Nah bagaimana dengan Anda yang joknya belum punya arm rest. Kan bebas pegal-pegal bukan dominasi mobil  baru?

Terlihat lebih mewah

Rangka yang kuat lewat las titik

Pilihan arm rest sesuai kemauan

Engsel ada yang tiga klik
Jangan iri dulu karena tunggangan Anda yang mungkin keluaran tahun lawas bisa saja dipasangi  arm rest custom. Menurut Judy Djapri dari Sam 86, arm rest bisa dibikin untuk jok depan maupun tengah ala captain seat. Dan untuk mobil apa saja. “Mulai sedan, MPV atau SUV,” jelas pria 45 tahun ini pemilik gerai spesialis interior mobil ini.

Bahan dasar yang digunakan adalah busa tebal. Jadi ukuran dan bentuknya juga bisa dibikin sesuai keinginan. Bisa pendek atau panjang, lebar atau tipis. Alasannya lainnya juga karena busa tebal lebih kuat dan kaku dibanding kalau menggunakan bahan gabus. Tidak hanya itu,  busa tadi lalu diberi tambahan plat besi sebagai penguat sekaligus untuk memasang braket agar bisa terpasang di jok.

Selesai dengan busa, beralih cover arm rest. Judy biasanya menyesuaikan dengan warna dan jenis kulit jok asli bawaan mobil. “Tapi bisa juga diganti sesuai dengan permintaan,” ucap mantan karyawan Astra BMW ini.

Bagaimana dengan langkah pemasangan? Praktiknya cukup ribet hehehe tapi cukup dibayangkan saja. Lantaran harus membongkar cover dan busa jok. Karena braket dari arm rest custom harus dilas pada rangka jok.

Soal harga, Judy membuka harga Rp 1 juta untuk satu set jok depan plus pemasangan dengan waktu pembuatan 1 hari. Sedangkan untuk jok tengah Rp 1,7 juta makan waktu 1-2 hari. “Jok tengah agak lama dan lebih mahal karena harus memotong jok jadi dua. Lalu dibentuk ulang agar sama dengan model captain seat,” ujar Judy.

Oya, kalau sudah bosan atau mobil mau dijual dan ingin tampilan orisinal, arm rest bisa dilepas. Cukup dengan melepas braketnya dengan las. Tidak sulit karena pengelasan braket dengan sistem las titik. Lalu busa dan cover jok bisa ditambal ulang. Tidak bakal kelihatan karena posisi tambalannya berada disisi jok dan pengerjaannya bisa detil dan rapi.

Selamat tinggal tangan pegal...


Artikel Terkait :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar