Senin, 31 Mei 2010

Perhatikan Kelistrikan mobil Usia 10 tahun


Kelistrikan

AKI

Tune-up Kit

OTOMOTIFNET - Pembangkit listrik 12 Volt yang digerakan crankshaft pulley ini memiliki tugas mengisi ulang aki. Meski alternator memiliki umur pakai cukup lama, tetapi kalau sudah 10 tahun lain cerita.

Bila pengisian masih dirasa normal, lakukan saja servis biasa. Biasanya arang penghubung (brush) mulai menipis.

“Jangan tunggu alternator ‘matot’ karena bisa merambat ke komponen lain,” jelas Supardi dari Cahaya Dinamo, Kebon Jeruk, Jakbar. Biaya antara Rp 100-150 ribu di luar penggantian parts.


Bila harus mengganti alternator assembly gres, bisa mencapai Rp 2 jutaan. Versi limbah yang sudah rekondisi seharga Rp 900 ribu.

AKI


Bila sebelumnya sempat membahas sumber pembangkit listrik alias alternator, jangan segan me­longok wadahnya alias tampungan lis­trik bernama aki.

Bentuknya yang imut, berkemampuan tak sampai 50 ampere. Dengan ra­ta-rata pemakaian hanya se­tahun, se­harusnya Civic VTi sudah 7-8 kali ganti aki.

Pastikan pemakaian baterai berkualitas baik. Harganya ber­variatif mulai dari Rp 400 sam­pai Rp 600 ribu jenis aki kering (maintenance free) tipe NS60.

TUNE-UP KIT

Menyegarkan mesin VTEC berkapasitas 1.700 cc ini tak susah. Tinggal lakukan tune-up dan mengganti semua filter alias penyaring. Mulai dari filter udara (Rp 91 ribu), filter oli (dibarengi penggantian pelumas mesin) dan filter bensin (Rp 129 ribu).

Busi juga menjadi kunci utama dalam menjaga responsifitas mesin. Lakukan pergantian berkala setiap 10.000 km agar mesin selalu fit. “ Filter oli Rp 33 ribu dan olinya 4 liter,” terang Hari, part division Honda Kebon Jeruk, Jakbar


Artikel Terkait :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar