Sabtu, 29 Mei 2010

Manfaat dari Berlari dan Jogging

Berlari atau jogging adalah cara yang baik untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Tidak hanya latihan kardiovaskular yang bagus, tetapi juga membantu untuk memperkuat dan denyut nada otot seseorang. Nah, beberapa manfaat dari jogging adalah membakar kalori dan lemak, meningkatkan kekuatan jantung, meningkatkan pencernaan, menangkal depresi, dan menguatkan seluruh otot dan meningkatkan kepadatan tulang di kaki, pinggul, dan punggung.

Seperti kebanyakan hal, semakin sering Anda berlari dan intensitasnya juga semakin tinggi, semakin banyak manfaat yang akan Anda peroleh. Sebagai contoh, dalam sebuah studi terhadap individu-individu yang berlari lebih dari 50 mil setiap minggu akan mempunyai lebih banyak jumlah kolesterol yang baik dan mengalami jauh lebih besar penurunan lemak tubuh, kadar trigliserida, dan ancaman penyakit jantung daripada orang-orang yang berlari kurang dari 10 mil setiap minggu. Selain itu, pelari yang berlari lebih banyak dari itu akan mengalami penurunan tekanan darah tinggi hampir 50%. Mungkin juga pelari-pelari tersebut menggunakan obat untuk menurunkan kolesterol atau tekanan darah.

Hal ini juga telah dicatat selama beberapa tahun terakhir bahwa dengan berlari atau jogging yang berlebihan bisa beresiko menjadi tegang sampai ke lutut dan pergelangan kaki. Namun, ini sering dapat dihindari dengan sepatu lari yang baik sesuai dengan jenis kaki.

Jadi jika Anda menginginkan tubuh Anda mendapatkan manfaat dari latihan-latihan, berjalan atau joging adalah cara yang hebat untuk Anda laksanakan. Semoga bermanfaat.


Artikel Terkait :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar