Sabtu, 22 Mei 2010

Tips Menggunakan Handphone Saat Mengemudi

ACC (Auto Cyber Center) memberikan beberapa tips untuk Anda yang sering menggunakan handpone ketika anda mengemudi. Tips-tips itu diantaranya

  1. Janganlah melakukan panggilan ketika sedang mengemudi bila tidak perlu betul. Lakukan ketika mobil berhenti di lampu merah, atau bila perlu Anda menepikan mobil anda sebentar.
  2. Letakkan HP ditempat yang mudah untuk di jangkau tangan anda. Dengan demikian Anda tidak perlu mengalihkan pandangan dari jalan untuk memungutnya. Bila HP berdering pada kondisi yang tidak memungkinkan, acuhkan saja dan biarkan voice mail menjawabnya. Bila ada, mintalah bantuan teman perjalanan Anda untuk menerima, sambil menyampaikan pesan bahwa anda akan menelepon
  3. Hentikan pembicaraan bila membuat Anda emosi atau stress. Pembicaraan seperti ini cenderung mengganggu konsentrasi dalam mengemudi.
  4. Gunakan hands free kit: bila tersedia manfaatkan perangkat ini semaksimal mungkin.
  5. Hentikan pembicaraan bila pada situasi berbahaya seperti hujan deras atau lalu lintas yang padat karena dapat membuat konsentrasi anda terpecah. Beritahu lawan bicara, bahwa anda sedang mengemudi dan hentikan pembicaraan. Gunakan HP hanya untuk kondisi darurat. Jika terjadi kecelakaan, mobil rusak atau ada kejahatan, HP bisa sangat membantu.
Nah semoga tips-tips diatas bisa berguna buat anda yang selalu mobile dan sering melakukan panggilan atau menertima panggilan ketika mengemudi. Keselamatan yang utama.


Artikel Terkait :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar