Rabu, 26 Mei 2010

Insiden Germania Airlines 2009

Letak: Bandar Udara Internasional Düsseldorf, Düsseldorf, Jerman

Sekumpulan burung jalak terbang langsung menuju jalur pesawat Boeing ketika lepas landas dengan kecepatan 300 km/jam. (klik gambar untuk versi besar)
Bila dibandingkan dengan pesawat jet, burung-burung ini terlihat lebih kecil dari sekumpulan titik hitam. Tetapi sekumpulan burung ini bisa saja membawa pesawat jatuh dalam hitungan detik. Hebatnya, pesawat ini tidak jatuh dan insiden ini memakan korban tewas sebanyak 200 ekor burung jalak.

Boeing 737-700 milik maskapai Germania Airlines dari Jerman dengan 80 penumpang di dalamnya lepas landas meninggalkan Düsseldorf menuju Pristina di Kosovo ketika insiden itu terjadi. Pesawat menabrak sekumpulan burung dengan kecepatan 300 km/jam, langsung membuat mesin kanan mati seketika dan memaksa pesawat Germania Airlines berputar dan mendarat lagi di Düsseldorf 45 menit kemudian. Burung-burung tersebut – panjang 20 cm dan berat 75 gram – menghantam badan pesawat dan mesin seperti terjangan peluru. Sang perekam foto ini, Juergen Kienast mengatakan pitch pesawat berubah langsung ketika pesawat meneruskan lepas landasnya, “Suara yang terdengar ketika itu seperti memasukkan pipa besi ke dalam blender yang sedang berputar.”
Tidak ada yang terluka dan pesawat hanya mengalami sedikit kerusakan. Mesin pesawat langsung diperiksa sesaat setelah mendarat kembali di Düsseldorf.

Lebih dari 200 burung jalak terhisap ke dalam salah satu mesin...

...sementara sang pilot menyaksikan apa yang terjadi.
Sumber gambar: Stefan Sonnenberg


Artikel Terkait :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar